Langsung ke konten utama

Postingan

Tafsir Ayat Takwa #1

  Allah taala berfirman: (ذَ ٰ⁠لِكَ ٱلۡكِتَـٰبُ لَا رَیۡبَۛ فِیهِۛ هُدࣰى لِّلۡمُتَّقِینَ) “Kitab (Al-Qur`ān) tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa” [Surat Al-Baqarah 2] Penjelasan Ayat:

“Sholat subuh setelah terbit matahari”

 ** Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah pernah ditanya tentang seseorang yg tidur pada waktu sholat fajar(subuh) akan tetapi ia tidak sholat pada waktu tersebut kecuali setelah terbit matahari sebelum orang tersebut pergi bekerja. Dan apabila dinasehati bahwa hal tersebut tidak boleh dia menjawab: “Bahwa pena amalan diangkat dari 3 orang: ... Orang yg tidur sampai dia bangun”. Dan itulah kebiasaannya dia. Syaikh menjawab:

Cara Mensucikan Tempat yg Terkena Najis

  Kajian Rutin Malam Jum'at Via Zoom (Kajian Penganti) Tema: Cara Mensucikan Tempat yg Terkena Najis عن أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ قَالَ جَاءَ أَعْرَابِيٌّ فَبَالَ فِي طَائِفَةِ الْمَسْجِدِ فَزَجَرَهُ النَّاسُ فَنَهَاهُمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا قَضَى بَوْلَهُ أَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِذَنُوبٍ مِنْ مَاءٍ فَأُهْرِيقَ عَلَيْهِ Artinya:

Kapan niat bermaksiat bisa ditulis sebagai kebaikan??

  Di dalam shohih muslim disebutkan:  (قالت الملائكة: رب، ذاك عبدك يريد أن يعمل سيئة، وهو أبصر به، فقال: ارقبوه فإن عملها فاكتبوها له بمثلها، وإن تركها فاكتبوها له حسنة، إنما تركها من جراي)

Bolehnya memandikan pasangan suami/istri ketika wafat

  (Dijawab oleh Syaikh Bin Bazz rahimakumullah) S: Apakah yg lebih utama pemandian suami (ketika wafat) itu istrinya ataukah laki² lain?

Keutamaan Tasbih dan Tahmid

عن أبي هريرة - رضي الله عنه - قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : ((كلمتان خفيفتان على اللسان ثقيلتان في الميزان حبيبتان إلى الرحمن : سبحان الله وبحمده، سبحان الله العظيم)) رواه البخاري ومسلم

Bagaimana sholat sunnah rawatib ketika menjamak dua sholat (bagi mukim)?

Imam Nawawi menyebutkan dalam kitab -Raudhotu Tholibin-:  في جمع العشاء والمغرب يصلي الفريضتين ثم سنة المغرب ثم سنة العشاء ثم الوتر . وأما في الظهر : فالصواب الذي قاله المحققون أنه يصلي سنة الظهر التي قبلها ثم يصلي الظهر ثم العصر ثم سنة الظهر التي بعدها ثم سنة العصر" انتهى .