Langsung ke konten utama

Canda Rasulullah Dengan Anak-Anak

Suatu hari Ummul Mukminin A’isyah radhiyallahu ‘anhuma pernah berkata:
فَاقْدُرُوا قَدْرَ الجَارِيَةِ الحَدِيثَةِ السِّنِّ،
“Perhatikanlah keinginan anak-anak putri yang masih kecil.”  (Muttafaqun ‘alaihi).
Perkataan indah lagi benar yang beliau sampaikan secara ringkas, pas dan jelas tentang keadaan anak-anak. Anak kecil memiliki ukuran, fikiran dan akal serta fokus perhatian yang berbeda dengan orang dewasa.

Anak-anak selalu senang kepada orang yang bermain dan bergaul dengan mereka seakan-akan sama seperti mereka. Mereka sangat tidak suka dengan tindakan kasar, emosional, dan kaku. Sehingga jangan selalu serius dan kaku dalam setiap waktu, jangan memberikan tugas di luar kemampuannya dan jangan dihalangi hak mereka untuk bermain, bercanda dan hiburan. Namun juga jangan dibiarkan anak-anak bermain tanpa batas dan arahan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam seorang pendidik  umat yang melakukan tindakannya berdasarkan wahyu Ilahi sangat mengetahui dan memperhatikan hal ini. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam  bergaul dengan anak-anak sesuai dengan tabiat dan kemauan mereka dengan bermain, bercanda dan berlemah lembut dengan mereka dalam meluruskan budi pekerti dan pembentuan pribadi mereka yang kuat.
Kalau kita melihat kembali petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  dalam bergaul dengan anak-anak didapatkan banyak sekali bentuk-bentuk dan contoh-contoh indah dan bersifat edukatif dalam canda dan gurauan beliau pada mereka. Padahal beliau shallallahu ‘alaihi wasallam  adalah seorang Nabi, pemimpin dan pendidik umat namun tetap tidak melupakan keadaan dan tabiat anak-anak dalam beliau shallallahu ‘alaihi wasallam  bergaul dengan mereka. Di antara contoh dan bentuk canda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  kepada anak-anak adalah:
Kisah yang disampaikan sahabat Anas bin Maalik radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:
إِنْ كَانَ النَّبِِيُّ r لَيُخَالِطُنَا حَتَّى يَقُولَ لِأَخٍ لِي صَغِيرٍ: يَا أَبَا عُمَيْرٍ مَا فَعَلَ النُّغَيْرُ؟
Sungguh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam  sering berkumpul dengan kami sehingga mengatakan kepada adik kecil saya: “Wahai Abu ‘Umair, apakah gerangan yang sedang dikerjakan oleh burung kecil itu?” (Muttafaqun ‘alaihi).

Dalam riwayat Ahmad bin Hambal dalam Musnadnya :
كَانَ لِأَبِي طَلْحَةَ ابْنٌ يُقَالُ لَهُ: أَبُو عُمَيْرٍ، فَكَانَ النَّبِيُّ يُضَاحِكُهُ قَالَ: فَرَآهُ حَزِينًا، فَقَالَ: ” يَا أَبَا عُمَيْرٍ مَا فَعَلَ النُّغَيْرُ ”
Dahulu Abu Thalhah memiliki seorang putra yang dipanggil dengan Abu Umair. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam  sering mencandainya. Anas berkata: Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wasallam  melihat Abu Umair sedih, lalu beliau bercanda: Wahai Abu Umair apakah gerangan yang sedang dikerjakan oleh burung kecil si Nughair tersebut? (HR Ahmad dalam al-Musnad no. 12137) dan dalam riwayat lainnya:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَدْخُلُ عَلَى أُمِّ سُلَيْمٍ وَلَهَا ابْنٌ مِنْ أَبِي طَلْحَةَ يُكْنَى أَبَا عُمَيْرٍ، وَكَانَ يُمَازِحُهُ، فَدَخَلَ عَلَيْهِ فَرَآهُ حَزِينًا، فَقَالَ: ” مَالِي أَرَى أَبَا عُمَيْرٍ حَزِينًا؟ ” فَقَالُوا: مَاتَ نُغَرُهُ الَّذِي كَانَ يَلْعَبُ بِهِ، قَالَ: فَجَعَلَ يَقُولُ: ” أَبَا عُمَيْرٍ، مَا فَعَلَ النُّغَيْرُ “
“Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dahulu menemui Ummu Sulaim dan beliau mempunyai seorang putra dari Abu Thalhah yang diberi panggilan Abu ‘Umair.   Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering bercanda dengannya. Pada suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang mengunjunginya dan mendapati anak itu sedang sedih. Mereka berkata: Wahai Rasulullah , burung yang biasa diajaknya bermain sudah mati.”  Rasulullah lantas berkata: “Wahai Abu ‘Umair, apakah gerangan yang sedang dikerjakan oleh burung kecil itu?” (HR. Ahmad dalam al-Musnad no. 12957 dan Abu Daud dalam sunannya no. 4969. Hadits ini dinilai shahih oleh al-Albani dalam shahih sunan Abi Dawud)
Lihatlah bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bergurau untuk menghibur anak sekecil Abu Umair. Ternyata Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak hanya bercanda dengan anak kecil lelaki, bahkan juga bercanda dengan anak kecil perempuan, seperti diceritakan Ummu Kholid bintu Kholid bin Sa’id bin a;l-‘Ash :
أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُتِيَ بِكِسْوَةٍ فِيهَا خَمِيصَةٌ صَغِيرَةٌ، فَقَالَ: ” مَنْ تَرَوْنَ أَحَقَّ بِهَذِهِ؟ ” فَسَكَتَ الْقَوْمُ، فَقَالَ: ” ائْتُونِي بِأُمِّ خَالِدٍ ” فَأُتِيَ بِهَا، فَأَلْبَسَهَا إِيَّاهَا، ثُمَّ قَالَ لَهَا مَرَّتَيْنِ: ” أَبْلِي وَأَخْلِقِي ” وَجَعَلَ يَنْظُرُ إِلَى عَلَمٍ فِي الْخَمِيصَةِ أَحْمَرَ، أَوْ أَصْفَرَ، وَيَقُولُ: ” سَنَاهْ سَنَاهْ يَا أُمَّ خَالِدٍ ”
Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  diberi pakaian ada padanya hiasan kecil dari sutera, lalu beliau berkata: Siapa yang kalian lihat paling berhak dengan pakaian ini? Maka orang-orangpun terdiam. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wasallam berkata lagi: . Bawalah kepadaku Ummu Kholid. Lalu didatangkanlah ummu Kholid dan Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam memakaikan pakaian itu kepadanya. Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wasallam berkata dua kali kepadanya: Punahkan dan robeklah (semoga panjang umurnya hingga pakaian ini hancur dan robek). Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mulai melihat kepada gambar hiasan dalam baju tersebut berwarna merah atau kuning dan bersabda: Bagus, bagus wahai Ummu Kholid.  (HR al-Bukhari).
Dalam hadits Ummu Kholid ini ada canda gurau Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dengan anak kecil berupa perkataan dan perbuatan.
Al-Haafizh ibnu Hajar rahimahullah menjelaskan hadits ini dengan menyatakan: Canda gurau dengan perkataan dan perbuatan dengan anak kecil dimaksudkan untuk dekat dan menyatu dengannya dan mencium termasuk dalam hal ini. (Fathul Baari 10/425).
Demikian indahnya canda dan gurauan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kepada anak-anak kecil dengan perkataan dan perbuatan beliau tersebut. Lebih lengkap lagi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun bercanda kepada anak-anak kecil dengan sikap perbuatan beliau semata tanpa menyatakan sesuatu, seperti dijelaskan sahabat Mahmud bin ar-Rabi’ yang berkata:
عَقَلْتُ مِنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَجَّةً مَجَّهَا فِي وَجْهِي وَأَنَا ابْنُ خَمْسِ سِنِينَ مِنْ دَلْوٍ
Aku masih ingat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam satu semprotan yang beliau semprotkan dengan mulutnya dari ember di wajahku dalam keadaan aku berusia lima tahun. (HR al-Bukhari).
Al-Haafizh ibnu Hajar menjelaskan hadits ini dengan menyatakan: kata (مَجَّةً) dengan difathahkan huruf mim dan ditasydid huruf jim nya dan kata (الْمَجُّ)  maknanya melepaskan air dari mulut dan ada ulama yang menyatakan: Tidak dinamakan (مَجًّا) kecuali apabila dari jauh. Perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam  kepada Mahmuud bin ar-Rabi’ ini bisa jadi bergurau dengannya atau untuk mendapatkan barokah , sebagaimana itu dilakukan kepada  anak-anak sahabat lainnya. (Fathul Baari 1/172).
Di antara bentuk canda beliau adalah canda beliau kepada Anas bin Maalik pembantu beliau dengan memanggilnya dengan pemilik dua telinga, seperti disampaikan Anas bin Maalik sendiri dalam parkataan beliau:
قَالَ لِي النَّبِيُّ  : «يَا ذَا اْلأُذُنَيْنِ»
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memanggilku : Wahai pemilik dua telinga. (HR Ahmad dalam al-Musnad 3/127, Abu Dawud dalam sunannya no. 4994, at-Tirmidzi dalam sunannya no. 2059 dan dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ ash-Shaghir no. 7786).
Al-Khathabi berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dahulu bercanda tanpa dusta dan berlebihan. Setiap orang memiliki dua telinga sehingga beliau benar dalam mensifatkan Anas bin malik dengan panggilan tersebut. Ada kemungkinan lain yaitu maksud beliau bukan bercanda tapi anjuran dan perhatian untuk mendengar dengan baik dan memahami apa yang akan beliau sampaikan dan ajarkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam  menamakannya pemilik dua telinga (ذَا اْلأُذُنَيْنِ) karena  mendengar hanya dengan indra telinga dan Allah subhanahu wata’ala telah  menciptakandua telinga yang digunakan untuk mendengar dan menjadikan keduanya hujjah atas manusia sehingga tidak ada udzur apabila tidak mau mendengar dan tidak benar-benar memperhatikan. (Ma’alim as-Sunan 4/126).
Demikianlah contoh nyata yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam buat kita semua agar dapat menjadi teladan dalam bergaul dengan anak-anak.
Wallahu a’lam.
Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/VlLCv

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTIQOMAH

Kajian Sabtu Sore ISTIQOMAH Bismillah washolatu wassalamu ala rasulillah Seorang hamba tidaklah mampu untuk melakukan suatu ibadah kecuali dengan bantuan dari Allah taala. Bahkan dalam segala aspek kehidupan seorang hamba perlu yang namanya bantuan dari Allah taala. Firman  Allah taala yang menceritakan bahwa kita ini lemah:

Dalil-dalil Akan Larangan Berpecah Belah

Oleh : Abu Fudhail - M R A - 🔰 Dalil dr Al quran ~ Firman Allah Ta'ala : {وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعواه ولا تتبعوا السبل فتفرق بكم عن سبيله؛ ذلكم وصكم به لعلكم تتقون}

Sifat Pemaaf dan Penyayangnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam

Allah Subhanahu wata’ala  berfirman: فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ “Maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al Maidah: 13) . Hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: عن عائشة رضي الله عنها قالت: ما خير رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بين أمرين قط إلا أخذ أيسرهما ما لم يكن إثماً، فإن كان إثماً كان أبعد الناس منه، وما انتقم رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لنفسه في شيء قط، إلا أن تنتهك حرمة اللَّه فينتقم لله تعالى. مُتَّفَقٌ عَلَيهِ. Dari `Aisyah radhiyallahu `anha berkata: “Tidaklah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  dihadapkan pada dua pilihan, melainkan beliau mengambil yang termudah selama pilihan tersebut